One place to open your mind

Monday, March 13, 2017

Hati-hati Konsumsi Kangkung Jika Tak Mau Hal Buruk Ini Terjadi

Tanaman kangkung
Kangkung merupakan jenis sayuran yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya, kangkung juga dapat dengan mudah diolah menjadi aneka masakan yang lezat, mudah didapat, dan harganya pun sangat terjangkau. Sehingga tak heran kalau kangkung sering menjadi menu makanan sehari-hari.

Tapi tahukah Anda kalau kangkung ternyata merupakan jenis tumbuhan yang berbahaya? Iya berbahaya, karena oleh otoritas pertanian kangkung dikategorikan sebagai jenis tanaman yang dapat membahayakan tanaman lain, habitat alam atau ekosistem, bahkan manusia dan hewan ternak.

Kangkung merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan liar. Biasanya mereka tumbuh dengan agresif, cepat, dan tak terkontrol. Bahkan cenderung menimbulkan efek samping yang merugikan bila bersentuhan ataupun bila tertelan. Hal inilah yang membuat kita harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Kangkung harus diolah dengan tepat sebelum dikonsumsi. Karena jika tidak, maka Anda dapat menderita fasciolopsiasis. Yaitu jenis penyakit yang disebabkan oleh cacing fasciolopsis buski. Cacing ini merupakan salah satu parasit trematoda terbesar yang dapat menginfeksi manusia dan bermanifestasi di dalam usus. Parasit ini banyak ditemukan di dalam kangkung.

Jika Anda mengonsumsi kangkung dalam keadaan mentah atau tanpa memasaknya terlebih dahulu, maka parasit ini dapat ikut termakan dan masuk ke dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan, sakit perut, dan reaksi alergi. Bahkan, jika tidak diobati bisa mengakibatkan sakit yang lebih serius lagi. Untuk itu, jangan lupa untuk menggoreng atau merebus kangkung sampai matang sempurna terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya dan jangan pernah memakannya dalam keadaan mentah.

Sumber: healthonlinecentral
0

0 comments:

Post a Comment